Kamis, 27 November 2014

Ini Sosok MPV Baru Ford

Dearborn, KompasOtomotif - Akhirnya Ford Motor Company memenuhi janjinya dengan memperlihatkan sosok model terbaru, yang dikembangkan dari konsep S-Max untuk pasar Eropa, Rabu (17/9/2014). Kendaraan multi guna (MPV) ini ditawarkan dalam dua versi yang dibedakan dari jumlah tempat duduk, 5-penumpang menggunakan nama C-Max dan 7-penumpang Grand C-Max.

Kehadiran model baru ini menunjukkan keseriusan Ford menggarap pasar MPV di Eropa. C-Max baru syarat dengan berbagai ubahan dan fitur baru yang juga ada di model sebelumnya, Focus facelift. Perbedaan yang terlihat kasat mata ada pada pintu baris kedua, C-Max mempertahankan pintu geser sedangkan Gran C-Max menggunakan versi konvensional.

Tampilan C-Max baru terlihat lebih segar dengan identitas merek terbaru, seperti muka Aston Martin. Lampu depan sudah dilengkapi dengan LED. Sedangkan bemper dan lampu belakang berukuran lebih kecil ketimbang model sebelumnya. Dilengkapi juga dengan lampu rem di spoiler atas dan sepasang lampu kabut di bemper.
Interior
Masuk kabin, desain dasbor terlihat lebih sederhana tetapi tetap bergaya modern. Layar sentuh 8-inci terpusat di bagian tengah dasbor sudah dilengkapi dengan sistem aktivasi suara SYNC 2.

Ford mengklaim menaikkan standar bahan material yang digunakan untuk interior mobil ini, sehingga lebih nyaman, dan tampilan lebih baik. Kelengkapan lain yang tersedia, antara lain lingkar kemudi dengan penghangat, tatakan pijakan kaki, dan jaring penyimpan barang di jok depan, baris kedua, dan ketiga.

Suasana kabin juga diklaim lebih senyap karena kaca samping lebih tebal dan sil karet pintu yang diperbarui. Termasuk peredam suara mesin sehingga lebih efektif mengurangi raungan ke kabin sekaligus meningkatkan kualitas akustik audio yang dikeluarkan speaker.
MesinUntuk pilihan mesin, Ford menggunakan diesel 1.5 liter TCDi bertenaga 120 tk. Menggantikan versi lawas 1.6 liter, tetapi dengan tenaga lebih besar dan semakin ramah lingkungan. Tentunya dengan mengurangi gas buang karbondioksida sampai 6 persen.

Untuk pilihan mesin bensin, tersedia 1.5 liter EcoBoost dengan dua pilihan tenaga yang dihasilkan, 150 tk dan 180 tk, menggantikan 1.6 liter EcoBoost dan diesel 2.0 liter yang kini sudah tidak digunakan lagi. Mesin baru ini dklaim lebih hemat hingga 20 persen tetapi semakin bertenaga sampai 4 persen lebih.

Sedangkan untuk varian mesin 1.0 liter EcoBoost turbo bertenaga 100 tk dan 125 tk tetap tersedia di pasar. Ubahan tetap dilakukan dengan klaim berkurang emisi gas buang.

"Pilihan mesin ini akan membantu C-Max menjadi mobil pertama di segmennya yang mampu memenuhi standar emisi Euro VI untuk semua model," beber Jim Baumbick, Direktur Ford divisi Kendaraan Segmen C Global, seperti dilansir Carscoop (17/9/2014).

Kedua model ini akan mendebut pameran perdananya di Paris Motor Show, bulan depan (Oktober). Kabarnya, Ford juga akan memasarkan C-Max terbaru ini di pasar Amerika Serikat dengan tambahan varian hibrida plug in.

0 komentar:

Posting Komentar